1 Mar 2012

Pengaruh Teknologi pada Kehidupan Sosial

Author: kusumawardani | Filed under: Informatika Sosial
Teknologi Informasi saat ini sangat berkembang pesat. Kalau dahulu jarak menjadi masalah dalam pertukaran pesan sekarang segalanya itu menjadi sangat mudah dan murah. Kita tidak perlu lagi mengirimkan surat dimana membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyampaikan pesan. Munculnya teknologi baru dari telepon rumah yang kemudian berkembang dengan munculnya telepon seluler menjadikan proses pengiriman pesan menjadi sangat cepat. Mobile Phone memang memberi kita kemudahan-kemudahan bahkan semakin lama kita menjadi sangat bergantung dengan alat yang kian hari kian canggih ini. Bahkan banyak orang lebih memilih berinteraksi dengan handphone daripada menyapa/berbincang dengan orang disebelahnya. Inilah gaya baru kehidupan sosial masayrakat saat ini. Selain itu munculnya TI juga memudahkan dalam pekerjaan masyarakat, semuany menjadi lebih praktis dan cepat. Komputer memberi kemudahan-kemudahan yang pada zaman sebelumnya mungkin tidak terbayangkan.
Banyak hal yang kian lama kian memanjakan manusia, semuanya menjadi serba otomatis. Mesin-mesin bergerak sendiri seakan-akan mempunyai otak untuk berpikir. Segala yang dulu tidak mungkin sekarang bisa menjadi mungkin.
Tentunya kita sebagai manusia sangat diuntungkan dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan, tetapi disisi lain ada dampak negatif. Salah satu dampak negatifnya adalah membentuk pribadi pemalas. Yaa tentu saja kita cenderung malas akibat kecanggihan teknologi, misalnya remote control untuk perabotan di kamar memungkinkan kita  menggunakan mesin-mesin itu tanpa harus beranjak dari tempat tidur. Bagaimana jadinya kalau seharian kita hanya memanfaatkan mesin-mesin canggih itu yang memungkinkan kita lebih sedikit melakukan pergerakan? Pastinya  melatih menjadi seseorang yang malas dan tentu saja berdampak buruk pada kesehatan karena sedikitnya pergerakan.
Ada satu hal yang hilang juga pada zaman serba canggih ini. Semasa saya masih SD dulu hampir semua anak-anak berlomba-lomba mengoleksi perangko dan tentu saja tidak lepas dari ‘sahabat pena’. Namun sekarang sudah jarang kita temui kolektor perangko muda.
Selain itu waktu bermain anak-anak juga dihabiskan dengan cara yang berbeda. Nah inilah yang saya rasakan ketika melihat adik saya yang tumbuh dengan kondisi berbeda. Sudah tidak terlihat lagi permainan anak-anak yang dulu erat dengan lingkungan, anak-anak sekarang lebih suka menghabiskan waktu mainnya dengan teman-teman palsu di Play Station atau juga komputer. Alat komunikasi juga sangat familiar dikalangan anak-anak SD. Proses interaksi sosial tentunya menjadi berkurang dimasa kecilnya yang hanya dilakukan dengan alat-alat tanpa berkomunikasi secara langsung, padahal masa kanak-kanak adalah masa pembelajaran yang sangat penting untuk pembentukan karakter.
Apalagi di masa yang akan datang yang tentunya bakal semakin canggih, bisa saja orang hanya perlu disatu tempat untuk melakukan aktifitas yang membuat semakin rendahnya tingkat sosialisasi.
Terlepas dari dampak positif dan negatifnya, perkembangan teknologi informasi ini sangat bergantung bagaimana kita menyikapinya. Kita harus bisa mengendalikan mesin, jangan sampai mesin yang akan mengendalikan manusia karena pastinya kehidupan sosial akan mati. Tentu saja tidak ada yang menginginkan hal ini terjadi, mari manfaatkan teknologi dengan cerdas 🙂
#bersumber dari pengalaman pribadi 😀

Tags: ,

5 Responses to “Pengaruh Teknologi pada Kehidupan Sosial”

  1. rnt Says:

    yah sekarang manusia memang bergantung dengan adanya teknologi yang notabene membutuhkan listrik.
    kalo aja listik mati selama seminggu, orang2 pasti sakau dengan yng namanya teknologi

    —————————————-
    kunjungi blog ane

    http://rintoachmad.blog.ugm.ac.id

Leave a Reply